Tips & Trik : Memperbanyak kosakata bahasa Inggris

Konichiwa~

Siapa di sini yang memiliki kesulitan dalam bahasa inggris?
Yup dulu gua bener-bener bermasalah dengan pelajaran satu ini. Kalo disuruh ngomong gak bisa. Kalo disuruh nulis a.k.a bikin kalimat gak bisa. Disuruh buat jawab pertanyaan berdasarkan teks inggris juga gak bisa. Apalagi disuruh mengerti listening?! Hahaha itu bener-bener kayak neraka rasanya tapi bukan berarti bahasa inggris itu susah loh.

Semua masalah itu memiliki beberapa penyebab dan salah satunya adalah minimnya perbendaharaan kata alias kosakata inggris kita. Kalo mau nulis kita butuh kata-kata yang bener-bener kita mengerti maknanya. Kalo mau ngomong tentu aja harus ngomong kata-kata dengan makna yang kita mengerti. Kalo mau menjawab pertanyaan dari teks inggris ya kita harus tau arti dari kata per kata yang ada di teks itu. Kalo mau ngerti listening? Harus punya kuping yang udah terbiasa dengan kosakata yang begitu banyak.

Nah ternyata penting banget ya kosakata! Kosakata itu bener-bener berpengaruh kuat terhadap keempat aspek dari bahasa. Tapi rasanya susah banget kalo kita harus hafal segudang kosakata yang kian bertambah. Apa kita harus bawa kamus kemana-mana? Apa kita harus cek alfalink dulu? Semuanya itu bukan solusi! Penyelesaiannya adalah kita harus terbiasa dengan kosakata inggris.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang diharapkan mampu membantu ;)

1). MENONTON FILM
Nah film itu bener-bener ampuh banget! Selain ada jalan cerita, aktor yang kece, musik yang mendukung, film juga memiliki kekuatan yang bisa mempengaruhi perilaku orang. Nah kalo kita biasanya suka nonton film barat, cartoon, atau anime usahain film itu dilengkapi dengan subtitle dalam bahasa inggris. Kenapa harus dengan subtitle inggris? Bukankah yang penting ngomongnya bahasa inggris terus subtitle-nya bahasa indonesia? Nah menurut gua secara pribadi ya, anggapan itu salah. Kalo kita nonton film dengan subtitle dan speak-nya bahasa inggris otomatis kita akan tau bagaimana cara pengucapannya.

Terus kalo jadi gak ngerti alur ceritanya gimana? Nah untuk masalah yang itu ada penyelesaiannya nih. Kalian bisa mulai dari film yang memiliki tingkat kerumitan cerita yang rendah. Contohnya film anak-anak atau film yang udah kalian tau alur ceritanya. Dari situ kalian secara tidak langsung menambah kosakata. Alur cerita juga bisa dilihat dari ekspresi dan bahasa tubuh si aktor so jalan cerita bukan masalah lagi.

2). MENDENGARKAN MUSIK
Cara ini emang terkesan klise banget tapi ternyata bagi sebagian orang cara ini ampuh banget loh. Misalkan lagu dengan tema yang lagi ngehits banget yaitu tema cinta-cintaan. Lagu indo zaman sekarang itu lagi tren dicampur-campur pake bahasa inggris nah buat yang suka nyanyiin pasti berasa rada-rada aneh kan kalo kalian gak tau penggalan lagu dengan bahasa inggris itu sedangkan kalian tau arti dari sisa penggalan lagu yang pake bahasa indonesia. Secara otomatis kalian akan mencari arti dari kata-kata tersebut yang berarti kalian menambah kosakata kalian.

3). MEMBACA MAJALAH ATAU NOVEL
Nah kalo kalian tertarik banget memperkaya kosakata kalian maka cara ini memang harus dilakukan dengan penuh kesabaran khususnya bagi yang gak punya minat membaca. Dengan membaca kalian bakal terbiasa dengan segudang kosakata dan yang lebih istimewanya lagi kalian dapat menebak arti dari suatu kata tanpa harus buka-buka kamus terlebih dahulu. Misalkan gini, kalian baca sebuah artikel tentang gosip nah jika ada kosakata yang terasa asing maka kalian akan berusaha menyimpulkan kira-kira apa makna dari kata itu. Ability ini berguna banget buat kalian dalam menghadapi test inggris, berbicara dengan orang asing hingga kalian bisa dengan cepat menangkap maksud dari sebuah pembicaraan! Keren banget kan! ^^

4). UPDATE STATUS or CHAT
Update status disini bukan yang kayak “Harii niiee panass beudhh….” atau chat sama mas-mas gak penting gitu ya. Update status disini adalah update dengan bahasa inggris. Misalkan kayak status tentang hari ini panas banget, kalian bisa update dengan OMG Today is so hot!. Nah selain menambah kosakata kita ternyata hal ini bisa bikin kita kelihatan pinter di dunia maya (hehehe lumayan kan…). Nah dengan update status pake bahasa inggris otomatis kita harus mempersiapkan dulu dalam bahasa indonesia apa yang ingin kita update setelah itu kita pasti bakal cari kata-kata inggris dengan makna serupa sebelum kita update. Hal ini bisa menambah kosakata kita. Dari yang gak tau apa arti wanna sekarang jadi tau.

Nah terus kalo chat gimana? Chat disini adalah chatting dengan orang asing alias yang berasal dari luar negeri. Karena bahasa inggris bahasa internasional so otomatis pasti kalian mau gak mau dituntut untuk berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Nah saran gua nih ya, sebisa mungkin kalian tetap menggunakan bahasa inggris dalam chattingan. Meskipun orang yang kalian aja chatting itu orang melayu yang berarti bahasa indo masih nyenggol lah tapi inget fokus tujuan kita yaitu memperkaya kosakata inggris. Untuk tahapan ini emang dibutuhkan kerja keras dan keberanian ya tapi kalian bisa lihat hasilnya deh kalo kalian tekun. Akan ada rasa kebanggaan tersendiri jika kalian mampu menyelesaikan satu sesi percakapan dengan bahasa inggris.

Yup itulah beberapa tips dan trik tentang memperbanyak kosakata bahasa inggris. Kalo ditanya sumbernya ya semuanya berasal dari pengalaman pribadi. Hal terakhir yang bisa disampein yaitu kalian harus ngerasa pede. Gak semua orang diluar sana itu jago bahasa inggris but kalo kalian diberi masukkan terima dengan lapang dada ya :)

Oke kalo gitu JA MATA NE and ARIGATOU GOZAIMASU~!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>