TRANSLATE : Chapter 1 – Part 1

BAB SATU – PERKENALAN AKUNTANSI DAN BISNIS

Tujuan
Setelah mempelajari bab ini, anda diharapkan mampu :
1. Menjelaskan sifat bisnis dan peran etika dan akuntansi dalam bisnis
2. Menyimpulkan perkembangan prinsip akuntansi dan menghubungkannya untuk berlatih
3. Menyatakan persamaan akuntansi dan mendefinisikan setiap elemen dari persamaan
4. Menjelaskan dan menggambarkan bagaimana pencatatan transaksi bisnis yang mempengaruhi unsur-unsur persamaan dasar akuntansi
5. Menjelaskan laporan-laporan keuangan dalam perusahaan perorangan serta menjelaskan bagaimana laporan-laporan keuangan tersebut saling berkaitan

Google_tm
Disaat dua tim berpasangan untuk sebuah pertandingan sepakbola, terkadang banyak sekali suara-suara yang riuh. Musik band, teriakan para suporter, kembang api, dan komentator. Sebenarnya para penggemar sepakbola hanya perduli terhadap hasil dari pertandingan. Seperti contoh yang barusan, seorang pemilik bisnis ingin usaha mereka “menang” terhadap pesaing mereka dalam pasar. Ketika tim sepakbola kita menang hal itu dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita, sama halnya dengan ketika bisnis kita berjalan lebih dari yang kita bayangkan dan menghasilkan keuntungan secara nyata, hal itu akan menjadi kebanggaan. Perusahaan dapat menjadi pemenang jika mereka mampu melayani pelanggan, memberikan pekerjaan yang bagus untuk karyawannya, dan menghasilkan uang yang banyak untuk pemiliknya.

Salah satu perusahaan yang sukses adalah GOOGLE, satu dari perusahaan yang paling sering dikunjungi di Internet. Banyak dari kita tidak bisa yang mengunjungi Internet tanpa mengunjungi situs GOOGLE terlebih dahulu untuk mencari suatu informasi di Internet. Seorang penulis mengatakan, “Google adalah mesin penjawab terbaik di Internet” dan tak hanya itu saja, GOOGLE adalah perangkat gratis dimana tak seorangpun meminta anda untuk membayar ketika anda menggunakan GOOGLE. Jadi apakah kamu berpikir kalau GOOGLE adalah perusahaan yang sudah berada dalam kategori sukses? Apakah hal itu menghasilkan uang? Bagaimana kamu tahu tentang hal itu? Akuntansi membantu anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Informasi akuntansi GOOGLE memberitahu kita bahwa GOOGLE merupakan perusahaan yang sangat sukses yang menghasilkan begitu banyak uang, tetapi bukan dari anda. GOOGLE menghasilkan uang dari iklan yang dipasang.

Dalam buku ini, kita akan memperkenalkan kepada anda mengenai akuntansi, bahasa bisnis. Dalam bab ini kita akan memulainya dengan mendiskusikan apa itu bisnis? Bagaimana bisnis berlangsung? Dan apa peran akuntansi?

SIFAT BISNIS DAN AKUNTANSI

Anda mungkin berpikir tentang contoh perusahaan seperti GOOGLE yang dimana anda baru saja memulai sebuah usaha. Anda dapat memberikan contoh dari perusahaan besar seperti The Coca Cola Company, Dell INC, atau Amazon.com. Atau contoh perusahaan lokal seperti pom bensin atau pasar atau mungkin seorang pegawai. Mungkin juga perusahaan restoran atau apotik (kantor medis). Apa ayng dilakukan oleh contoh-contoh di atas dalam hal bisnis?

Secara umum, bisnis adalah sebuah organisasi dimana sumber atau dasar pendapatannya adalah modal dan tenaga kerja yang dikumpulkan dan diproses untuk menghasilkan barang dagang atau jasa untuk konsumen. Bisnis memiliki berbagai skala/ukuran, dari kedai kopi lokal hingga perusahaan DaimlerChrysler yang menghasilkan miliyaran dolar dari mobil dan truk per tahun. Pelanggan adalah seseorang atau badan usaha yang membeli barang atau jasa yang dibayar dengan uang atau barang berharga lainnya. Berbeda dengan gereja, gereja bukan sebuah bisnis/badan usaha sebab siapapun yang mendapatkan jasa mereka tidak dipaksa untuk membayar apa yang sudah mereka terima.

Tujuan dari kebanyakan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Keuntungan berbeda dengan jumlah yang di dapat dari pelanggan atas barang atau jasa yang telah disediakan atau jumlah digunakan untuk menyediakan/menghasilkan barang atau jasa. Beberapa bisnis/badan usaha berjalan dengan tujuan selain mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Tujuan yang lain seperti non-profit business (bisnis yang tidak menguntungkan) yang menghasilkan keuntungan secara sosial, seperti penelitian kesehatan atau konservasi sumber daya alam. Dalam kasus lain, unit pemerintah seperti penyediaan air atau instalasi pengolahan limbah secara non-profit. Kita akan fokus dalam pandangan bahwa bisnis yang menghasilkan keuntungan. Perlu diingat meskipun banyak juga konsep dan prinsip yang sama berlaku untuk non-profit bisnis.

This entry was posted in College.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>