Iya atau Tidak?

Masih berkaitan dengan postingan sebelumnya, pernah gak kalian ngerasa kalo terkadang penggunaan bahasa Indonesia itu aneh?
Hahahaha bingung, ya?

Misalkan ada judul film nih (yang sering gua tonton ^^) Ghost Whisperer lalu kalau misalkan judul itu diganti dengan bahasa Indonesia jadi Bisikan Hantu. Apa yang kalian rasain, hayo??
Kalau gua sih ngerasa kok kayaknya gak pantes banget ya!

Ganti soal deh. Kalo ada judul film The Avengers lalu judul tersebut diganti dengan bahasa Indonesia jadi Si Penuntut Balas atau Si Pendendam. Hihihihi terkesan aneh rasanya kalo ada poster film yang berisikan tokoh-tokoh superhero berwajah gahar dipajang di mall dan judulnya Si Pendendam atau Si Penuntut Balas.

Coba ke contoh yang lebih lokal deh judul film Operation Wedding yang tokoh utamanya diperankan oleh Yuki Kato. Kalo judul tersebut diubah menjadi bahasa Indonesia maka menjadi Operasi Pernikahan.

Kejanggalan inilah yang menyebabkan orang-orang ada yang memilih untuk memakai bahasa asing untuk membuat karya mereka lebih menjual dan membuang rasa janggal atau tidak biasa yang sudah menjangkit di masyarakat kita. Dengan tindakan seperti ini justru membuat bahasa Indonesia terasa lebih asing lagi karena semakin banyak karya anak bangsa yang menggunakan bahasa asing. Tapi ternyata ada juga loh sisi postif dari situasi ini. Nah untuk sebagian orang yang mau karyanya tetep pake bahasa Indonesia, tetep menjual, dan tidak terasa janggal, mereka memutuskan untuk memutar otak dan mencari alternatif judul dengan bahasa yang lebih puitis supaya menjual. Tindakan ini bisa merangsang minat dan kecintaan terhadap bahasa Indonesia loh. Dan bukan itu aja tetapi bisa juga memperkenalkan kosakata yang tidak biasa atau jarang kita temui sehari-hari sehingga mengajari masyarakat yang menikmati untuk menambah kosakata dan mengajari para pembuat karya untuk lebih kreatif dalam penggunaan bahasa dan perbendaharaan kata.

Kalo misalkan semua orang begitu kan bangsa kita jadi bisa lebih cerdas, ya gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>