Fun Fact : 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Negara Lain

Pernah berencana liburan ke luar negeri atau malah sedang berencana? Berlibur, bisnis, atau mengunjungi kerabat? Memang menyenangkan jika bisa pergi ke luar negeri dengan alasan apapun tapi ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan loh! Selain penyesuaian akan harga-harga barang yang ada di sana dan keadaan cuaca, kita juga harus memperhatikan kebiasaan masyarakat yang ada di negera tersebut.

Berikut ini ada 10 hal yang gak boleh dilakukan di beberapa negara.

1. Menambahkan garam pada makanan
Di Indonesia, kita bebas menambahkan garam, lada, saus ataupun kecap sesuai selera ketika makan di restoran atau ketika diundang makan di rumah teman. Namun, jangan lakukan kebiasaan tersebut ketika kamu mengunjungi Mesir. Menambahkan garam, gula, dan sebagainya pada masakan yang telah dihidangkan dianggap tak sopan di negara tersebut. Pasalnya, orang yang memasak makanan akan langsung berpikiran bahwa sang tamu tidak menyukai rasa masakan yang mereka hidangkan.

2. Menulis dengan tinta merah
Mungkin kamu adalah tipe orang kreatif dan ceria yang menyukai warna-warna cerah. Namun, sebaiknya hindari menulis dengan tinta merah dan gunakan pulpen dengan warna netral seperti hitam atau biru. Tulisan dengan tinta merah dianggap tak sopan di Indonesia. Sementara itu, di Korea Selatan, penulisan nama orang dengan menggunakan tinta merah menunjukkan bahwa orang tersebut sudah meninggal dunia.

3. Membenturkan gelas
Di beberapa negara, bersulang sambil saling membenturkan gelas sebelum minum dianggap sebagai gesture yang melambangkan penghormatan, sopan santun, atau perayaan atas suatu kejadian. Hal yang sama tak berlaku di Hungaria. Negara tersebut menganggap bersulang sambil membenturkan gelas adalah sebuah tindakan penghinaan. Ada sejarah kelam dibalik pandangan tersebut. Ternyata, pada masa peperangan antara Austria dan Hungaria, tentara Austria pernah bersulang dengan mendentingkan gelas untuk merayakan kematian 13 pimpinan prajurit Hungaria.

4. Makan tanpa sendok garpu
Norwegia termasuk salah satu negara yang sangat mementingkan tata krama saat makan (table manners). Sendok, garpu, pisau, dan peralatan lainnya harus selalu digunakan ketika makan. Makan lahap dengan menggunakan tangan dianggap tak sopan di Norwegia, begitu pula halnya dengan mengobrol, mendentingkan sendok atau garpu ke piring, bersendawa, mengunyah makanan sambil bersuara.

5. Memberikan hadiah berupa benda tajam
Meskipun temanmu di Belanda hobi memasak, jangan pernah memberikan hadiah pisau kepadanya. Mengapa? Ternyata, warga Belanda percaya bahwa memberikan hadiah berupa benda-benda tajam akan memdatangkan kesialan. Untuk amannya, jika ada teman Belandamu yang ulang tahun, berikan saja mereka benda-benda yang empuk dan lembut seperti boneka, bantal, atau selimut.

6. Datang tepat waktu
Jam karet menjadi salah satu kebiasaan warga Indonesia yang paling menyebalkan. Ternyata, kebiasaan tersebut malah dianggap sopan di Venezuela. Justru, kamu akan dianggap tak sopan jika datang terlalu cepat atau tepat waktu saat diundang ke pesta. Sang tuan rumah akan merasa kamu terlalu bersemangat atau malah serakah dan ingin segera mencicipi hidangan-hidangan pesta. Waktu yang aman untuk datang ke pesta di Venezuela adalah sekitar 10-15 menit setelah jadwal yang ditentukan.

7. Bayar makanan masing-masing
Mau makan gratis di restoran? Gampang. Syaratnya, kamu harus punya teman di Turki. Ya, warga Turki senang membayarkan makanan untuk teman-teman yang mereka ajak makan. Dijamin mereka akan menolak jika kamu berbasa-basi akan membayar tagihan makanmu sendiri. Bagaimana cara membalas kebaikan mereka? Simpel saja. Kamu tinggal mengajak mereka makan di restoran dan membayarkan tagihan makanan mereka.

8. Memberikan bunga
Bunga kerap disebut sebagai lambang cinta. Tak heran jika bunga dan cokelat menjadi hadiah terpopuler yang diberikan pada perayaan Valentine. Namun, bunga sama sekali bukan hadiah yang menyenangkan di Cina. Bunga kerap diasosiasikan dengan kematian. Jadi, memberikan bunga pada seseorang di Cina artinya mendoakan orang tersebut agar cepat mati. Selain bunga, benda-benda yang tak boleh diberikan sebagai hadiah di Cina adalah jam, sapu tangan, dan sandal jerami.

9. Memotret orang
Sebagian besar orang di dunia suka difoto, kecuali selebriti dunia yang sudah lelah dengan paparazzi atau warga Ghana. Ya, warga Ghana! Mengapa warga Ghana tak suka difoto? Rupanya, mereka takut kalau jiwa mereka akan tercuri jika difoto oleh seseorang. Jadi, jangan repot-repot membeli kamera DSLR yang super mahal jika kamu berencana berlibur ke Ghana untuk memotret kehidupan penduduk asli sana.

10. Bergandengan tangan
Berjalan sambil bergandengan tangan menunjukkan pertemanan dan keakraban di Indonesia dan di negara-negara mayoritas Muslim. Namun di negara-negara barat, tindakan tersebut ternyata dianggap menunjukkan orientasi seksual seseorang, khususnya jika yang bergandengan tangan adalah 2 pria dewasa. Berjalan sambil bergandengan tangan sesama pria di Amerika Serikat atau Kanada, warga lokal akan langsung beranggapan bahwa kamu dan temanmu sebagai pasangan gay.

Masih banyak kebiasaan yang gak boleh dilakukan di luar negeri yah tapi selama masih bisa say sorry maka gak jadi masalah. Tapi jangan keseringan buat kesalahan juga ya ;)

FROZEN

Ini bukan gambar karya gua! Oke? Sekali lagi BUKAN KARYA BUATAN GUA
Thank you!

What a wave??

Tahun 2013 kemaren ada film animasi bagus yang berhasil menyabet 2 piala Oscar. Well buat para readers sekalian pasti udah tau dong film apa tuh yang dimaksud…

Yup! FROZEN memang film yang menarik banget dan masuk dalam daftar wajib ditonton. Ceritanya yang oke. Soundtrack yang oke. Grafis yang oke. Ugh everything is so perfect!

Eitss ini bukan perfect menurut gua doang loh…
Saat ini demam Frozen masih melanda di masyarakat. Gak cuma dikalangan anak-anak, tapi dikalangan remaja sampe orang dewasa demam ini melanda dengan dahsyat!!!
Pernah gua baca di koran, ada artikel mengenai demam Frozen. Dalam artikel itu sih diceritain bahkan anak TK yang baru 5 tahun aja bisa belasan kali menyanyikan lagu “Let it go” yang jadi soundtrack andalan film itu. Wuih hebat sangat ya! Padahal kan masih 5 tahun belum terlalu fasih berbahasa inggris.

Tentu aja gua adalah salah satu korban dari gelombang Frozen ini. Sampe-sampe tuh film udah belasan kali gua tonton. Yang awalnya pake subtitle sekarang gua matiin tuh subtitle (buat belajar inggris lah ^^). Bahkan sampe hafal gua beberapa deretan percakapan yang ada di film itu.

Hal yang bisa gua komentarin adalah : AWESOME!!!
Oke kalo itu sih anak TK yang tadi juga bisa bilang gitu. Yang perlu ditekankan adalah film Frozen ini tuh nilai moralnya oke banget. Cerita cinta-cintaannya sedikit tapi gak bikin film ini jadi gak enak ditonton. Kisah persaudaraan yang nampaknya mulai langka di masyarakat ini bener-bener dikemas dengan apik dan gak main-main alias full-…. full power bukan, full potention apalagi! Yah full-lah pokoknya ^^

Buat temen-temen yang suka bikin cerita atau bahkan animasi/film pendek merasa tertantang gak bikin karya tentang konflik persaudaraan yang minim cerita cinta tapi diminati masyarakat?
Ditunggu ya karyanya!

Fun Fact : Food and Flag!

Hai hai!!!
Untuk postingan kali ini gua akan memposting tentang gambar bendera negara yang terbuat dari makanan. Eits! Tapi makanannya bukan makanan sembarangan loh! Makanan yang sesuai dengan ciri khas negara masing-masing ^^
Check this out!

INDIA

india

Nasi, kari, dan sayuran membentuk menjadi bendera India, sungguh cocok dengan negara tersebut yang banyak memiliki makanan berempah dan berkari.

BRAZIL

brazil

Beralas daun pisang, diatasnya ada lemon, potongan nanas dan buah markisa.

ITALIA

italia

Terbuat dari basil, spageti, dan tomat. Sangat khas dengan masakan negara tersebut.

AUSTRALIA

australia

Bendera Australia ini terbuat dari pai daging.

CHINA

china

Bendera China terbuat dari daging buah naga dan diatasnya terdapat potongan belimbing.

INGGRIS

inggris

Bendera Inggris terbuat dari biskuit dengan selai diatasnya.

YUNANI

yunani

Bendera Yunani terbuat dari biji zaitun dan keju Feeta.

PRANCIS

prancis

Bendera Prancis terbuat dari keju biru, brie, dan anggur merah.

THAILAND

thailand

Bendera Thailand terbuat dari saus cabe, parutan kelapa, dan kepiting.

INDONESIA

indonesia

Bendera Indonesia nampak simple namun sangat “menggigit”, terbuat dari nasi dan sambal.

JEPANG

jepang

Terbuat dari potongan Sashimi.

KOREA SELATAN

korsel

Terbuat dari kimbab yang mengelilingi saos “Yin Yang”

VIETNAM

vietnam

Bendera Vietnam terbuat dari buah leci, Rambutan, dan Belimbing.

TURKI

turki

Turki terbuat dari Lokum atau sejenis permen kenyal khas Turki.

SWISS

swiss

Bendera Swiss terbuat dari daging Charcuterie dan Emmental atau biasa disebut keju Swiss.

LEBANON

lebanon

Terbuat dari Lavash dan fattoush.

AMERIKA SERIKAT

as

Bendera Amerika terbuat dari tumpukan hotdog dan sebagai bintangnya adalah mustard kuning.

Jadi gimana? Tertarik buat bikin bendera negara lain dengan makanan?
Good luck ya ;)

sumber : apakabardunia.com

Fun Fact : Mengapa Tahun 2014 dan Tahun 1997 Sama?

Mengapa Kalender 2014 dan 1997 Sama? Ini Alasannya

Di jejaring sosial, belakangan ramai dibicarakan kemiripan antara kalender tahun 1997 dan 2014. Ambil contoh, tanggal 1 Januari pada tahun tersebut sama-sama jatuh pada hari Rabu. Sementara akhir tahun juga jatuh pada hari Rabu. Bulan Februari juga sama-sama mempunyai 28 hari.

1639099kalender-1997-2014780x390

Apa sebab kemiripan tersebut? Apakah hanya kebetulan atau memang ada latar belakang ilmiahnya, misalnya dari sisi astronomi?

Terkait hal itu, Profesor Riset Astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin memberi penjelasan.

Thomas mengungkapkan, ada siklus dalam perjalanan waktu dari tahun ke tahun yang tak disadari sehingga terdapat kesamaan antara tahun 1997 dan 2014.

“Secara umum, selalu ada kesamaan setiap 28 tahun sekali,” kata Thomas..

Jadi, kata Thomas, kalender tahun 2014 sama dengan kalender tahun 1986 dan akan sama dengan kalender tahun 2042.

Angka 28 tahun sendiri berasal dari perkalian antara 4, diperoleh dari tahun kabisat yang berlangsung 4 tahun sekali dengan 7, jumlah hari dalam seminggu.

Namun, dalam kurun waktu 28 tahun tersebut, terdapat juga kemiripan antara tahun yang satu dan yang lain. “Dalam waktu 28 tahun itu, ada kemiripan menurut pola 6-11-11-6,” ungkap Thomas yang menekuni sistem kalender ini.

Berdasarkan pola tersebut, kalender tahun 2014 tidak hanya sama dengan tahun 1997, tetapi juga dengan tahun 2003. Ke depan, kalender tahun 2014 juga akan sama dengan kalender tahun 2025, 2031, serta tahun 2042.

Kesamaan tidak hanya dijumpai pada kalender Masehi, tetapi juga pada kalender Hijriah atau kalender Bulan. “Kalender Hijriah mempunyai pola siklus sekitar 33 tahun,” kata Thomas.

Jadi, bila Idul Fitri tahun 2013 jatuh pada tanggal 8 Agustus, maka Idul Fitri 33 tahun berikutnya, yakni tahun 2046, juga akan jatuh pada tanggal yang sama.

Dosen astronomi Institut Teknologi Bandung, Hakim L Malasan, mengatakan bahwa siklus 28 tahunan merupakan konsekuensi dari sistem penanggalan Gregorian atau Masehi.

“Tidak ada dampak apa pun secara astronomis karena ini fenomena pengulangan biasa,” ungkapnya.

sumber : apakabardunia.com

Fun Fact : Mitos Dalam Dunia Sains

6 Mitos dalam Sains yang Perlu Tahu

1. Air dapat menghantarkan listrik

Kita percaya bahwa air dapat menghantarkan listrik. Padahal sebenarnya senyawa-senyawa yang mengotori air, seperti garam, yang melakukannya. Jadi, air yang sangat murni tidak membuat kita kena setrum.

Masalahnya, tidak ada air yang benar-benar murni, sehingga tetaplah berhati-hati dan jauhkan benda-benda elektronik, seperti pengering rambut, mesin cuci, dan lain sebagainya, dari air.

listrik air

2. Tidak ada gravitasi di stasiun luar angkasa

Sebenarnya, masih ada gaya gravitasi di dalam stasiun luar angkasa, meskipun tentu saja lebih sedikit dibandingkan yang ada di bumi. Keadaan yang tetap yang disebabkan oleh keberadaan stasiun luar angkasa di dalam orbitlah yang membuat astronot kehilangan bobot mereka.

3. Bisa menggulung lidah atau tidak tergantung pada gen

Kedengarannya memang konyol, tapi banyak orang percaya bahwa kemampuan untuk menggulung lidah disebabkan oleh gen. Nyatanya, menurut studi di tahun 1940, anak-anak dapat mempelajari keahlian ini, dan sebelas tahun kemudian, para ilmuwan menemukan bahwa jumlah anak-anak yang mampu menggulung lidah mereka di sekolah-sekolah Jepang meningkat hingga 20% pada anak usia 6-7 dan 12 tahun.

4. Astronot akan meledak tanpa pakaian luar angkasa
Astronot memang tidak bisa bertahan lama tanpa pakaian luar angkasa mereka, tapi mereka tidak akan meledak. Ruang hampa udara akan membuat darah mendidih, yang menyebabkan astronot akan kehilangan begitu banyak panas tubuh sehingga mati kedinginan. Kabar baiknya, mereka mungkin telah kehilangan kesadaran terlebih dahulu karena kurangnya oksigen.

astronot

5. Melewatkan sarapan akan membuat gemuk
Hanya sedikit penelitian yang mencoba untuk membuktikan hal ini, dan ternyata studi itu menunjukkan bahwa melewatkan sarapan hanya memiliki sedikit bahkan hampir tidak ada dampaknya pada kenaikan berat badan.

6. Kita hanya menggunakan 10% dari otak

Kita mungkin memang hanya menggunakan sedikit bagian otak ketika sedang duduk dan tidak melakukan apapun. Namun selama 24 jam, sebenarnya kita menggunakan sebagian besar fungsi otak kita

sumber : apakabardunia.com

Fun Fact : Ini Dia Negara yang Tidak Pernah Hujan

Sebuah Negara yang tak Pernah Hujan

Jika kamu mengunjungi Peru, kemungkinan kamu akan mendengar seseorang berkata, ”Hujan tidak pernah turun di Lima”—ibu kota negara itu. Sambil menggigil dalam udara yang dingin dan lembap, kamu mungkin bertanya-tanya apakah benar demikian.

Mungkin pernyataan ini terlampau berlebihan. Namun ada benarnya juga. Peru memang jadi negeri dengan iklim unik di dunia ini. Kamu mungkin harus menunggu 20 tahun untuk merasakan air hujan turun dari langit.

Wilayah Peru terletak di gurun yang sangat luas di sepanjang Pesisir Pasifik Amerika Selatan. Tanah yang gersang ini membentang dari Gurun Sechura yang terletak jauh di sebelah utara Peru hingga Gurun Atacama di sebelah utara Cile.

Meskipun bertanah gersang, nyatanya pohon-pohon hijau tetap tumbuh subur di atasnya. Suhunya pun saat musim dingin bisa mencapai 14 atau 15 derajat Celcius.

Lantas bagaimana gurun di Peru terbentuk? Gurun pesisir ini terletak di antara Pegunungan Andes yang bergerigi dan Samudra Pasifik yang biru. Dari kejauhan, tampaknya tidak ada sesuatu pun di sepanjang pesisir kecuali bukit-bukit batu dan pasir yang tandus serta tidak rata dalam berbagai gradasi warna cokelat tua dan muda. Akibat erosi, banyak lereng bukit telah tertutupi batu-batu cokelat yang berjatuhan. Lambat laun, batu-batu ini menuruni lereng menuju laut, kadang-kadang didorong dengan lembut oleh gempa bumi yang sering terjadi di sini.

Sewaktu batu-batu itu mencapai pantai, deburan ombak di Pasifik sedikit demi sedikit menggilingnya menjadi pasir, yang oleh angin dibentuk menjadi bukit-bukit pasir berbentuk bulan sabit. Di beberapa bagian gurun yang sangat luas ini, tercatat tidak pernah turun hujan selama 20 tahun, menjadikannya salah satu tempat terkering di bumi.

sechura_piura

Pertanyaan kedua
Mengapa tak pernah turun hujan dan menjadikan tempat ini begitu kering?
Jawabannya berhubungan dengan angin pasat, yang berembus dari timur ke barat. Seraya angin tersebut bertemu dengan lereng Pegunungan Andes yang menjulang dan bergerigi bagaikan gergaji, ia dipaksa naik ke atas. Seraya bergerak naik melewati Andes, anginnya mendingin, sehingga menyebabkan kelembapan yang dibawanya berkondensasi dan turun sebagai hujan serta salju, sebagian besar di lereng pegunungan bagian timur. Jadi, pegunungan itu menciptakan daerah bayangan tak berhujan di atas lereng bagian barat.

Selain itu, baik Arus Peru, atau Arus Humboldt, yang dingin yang berembus ke arah utara Antartika maupun angin yang berembus dari Pasifik Selatan tidak mengandung banyak kelembapan. Semua faktor ini menghasilkan gurun yang sangat kering, walaupun tidak panas.

Pertanyaan ketiga
Walau kering tapi mengapa sekaligus punya kelemabapan tinggi?
Pada musim dingin, selimut awan menggantung rendah di atas pesisir, dan kabut yang tebal, yang disebut oleh orang Peru sebagai garúa, datang bergulung-gulung dari Samudra Pasifik. Selama musim ini, bulan demi bulan bisa jadi berlalu tanpa sinar matahari sedikit pun, menyebabkan wilayah itu beriklim sangat dingin—suram, kata beberapa orang.

Meskipun wilayah tersebut terletak di daerah Tropis, suhu rata-rata musim dingin di Lima berkisar antara 16 dan 18 derajat Celsius. Pada musim dingin, kelembapan relatif dapat mencapai 95 persen tanpa hujan, dan penduduk Lima, disebut Limeños, yang beradaptasi dengan baik terhadap kondisi tersebut, membungkus tubuh mereka guna melawan hawa dingin yang lembap dan menusuk.

sechura-2

Kabut tipis musim dingin cukup untuk membasahi jalan-jalan di Lima dan juga untuk mengembalikan kehidupan tumbuhan gurun yang mati di bukit-bukit pesisir yang tinggi. Padang rumput hijau yang dihasilkannya dimanfaatkan oleh kawanan besar kambing, domba, dan ternak. Selain itu, sejak awal tahun 1990-an, beberapa desa di gurun telah menggunakan pengumpul kabut—jaring polipropilena besar, tempat kabut berkondensasi —guna menghasilkan air, dari awan yang menggantung rendah serta bermuatan kabut, untuk diminum dan mengairi kebun.

Namun, kelembapan yang berasal dari kabut dan awan tidaklah memadai bagi tumbuhan liar untuk tumbuh subur sepanjang tahun. Total curah hujan di Lima jarang melebihi 50 milimeter per tahun dan sebagian besar berasal dari kondensasi garúa. Oleh karena itu, satu-satunya tumbuhan hijau yang bertahan hidup di gurun pesisir tersebut adalah yang diairi oleh sungai-sungai kecil yang mengalirkan air pembawa kehidupan dari tempat tinggi di Andes yang berselimutkan salju. Dipandang dari angkasa, lembah sungai kecil itu tampak seperti pita hijau yang terentang di seantero gurun tersebut.

Sewaktu Hujan Akhirnya Turun

Namun, adakalanya hujan turun di beberapa bagian gurun tersebut, termasuk Lima. Setiap beberapa tahun, Arus Peru yang dingin menghasilkan air yang lebih hangat yang mengalir dari Pasifik sebelah barat. Fenomena ini, yang dikenal sebagai El Niño, menandai hujan yang segera turun. Beberapa El Niño yang luar biasa hebat melanda pada tahun 1925, 1983, dan 1997/98. Tidak mengherankan bila penduduk gurun, yang sudah terbiasa dengan keadaan hampir tidak ada hujan, tidak cukup siap untuk menghadapi curahan hujan yang deras beserta banjir yang menyusul.

Salah satu banjir semacam itu melanda Ica, Peru, pada tahun 1998. Sungai Ica merendam sebagian besar kota tersebut, dan rumah-rumah yang terbuat dari batu bata dan lumpur pun lenyap. Bagian-bagian lain dari gurun tersebut mendapat keuntungan, menyerap kelembapannya sehingga menjadi padang rumput yang sangat subur. El Niño terakhir mengubah sebagian besar Gurun Sechura menjadi taman hijau yang ditebari bunga-bunga nan indah.

sumber : apakabardunia.com

Monyet dan Kura-Kura

NB : Cerita ini bukan cerita yang ada di kartun Kembar Botak yang dari Malaysia itu ya.
Sumber : Cerita dari bapaknya teman bapak saya.

Di pedalaman hutan yang jauh hiduplah seekor monyet dan kura-kura. Keduanya sudah cukup lama berteman baik. Suatu ketika saat keduanya sedang bermain tiba-tiba hujan deras mengguyur daerah tersebut. Mereka berlari ke sebuah pohon besar untuk berteduh. Setelah waktu yang cukup lama akhirnya hujan berhenti. Karena hujan mengguyur deras dan berlangsung dengan cukup lama maka timbullah sebuah sungai yang cukup lebar.

“Untung kita sempat berteduh ya!”, kata monyet. Kura-kura mengangguk menyetujui pernyataan si monyet. Lalu timbullah sebuah pohon pisang yang hanyut terbawa aliran sungai.

“Lihat! Itu apa?”, tanya kura-kura sambil menunjuk kea rah pohon pisang tersebut.

“Itu pohon pisang, Kura-Kura”, jawab monyet.

“Ayo kita ambil dan kita tanam!”, seru Kura-Kura.

Monyet mendengus kesal. Tentu saja ia yang harus mengambil pohon tersebut sebab Kura-Kura tidak bisa berenang dan rumahnya terlalu berat sehingga tidak bisa mengapung di air. Namun saat Monyet hendak menolak usul Kura-Kura, ia melihat pohon pisang itu sungguh bagus.

“Pasti kalo ditanam akan berbuah dan menghasilkan pisang yang gemuk, kuning, lezat, dan banyak!”, gumam Monyet.
Monyet pun berdiri dan segera terjun ke air. Ia berhasil mendarat diatas pohon pisang itu dan membawa ke daratan.

“Nih! Sekarang kan pohonnya sudah ada tapi karena cuma ada satu lantas bagaimana kita membaginya?”, tanya Monyet yang disertai dengan niat licik.

Kura-Kura berpikir keras. Sejujurnya ia merasa agak sedih karena ia berpikir untuk merawat pohon tersebut bersama-sama dengan Monyet. Kura-Kura pun berkata, “Baiklah kita bagi dua saja pohon ini. Karena kamu yang membawa pohon ini ke daratan maka kamu boleh memilih lebih dulu bagian mana yang kamu mau”.

Monyet tersenyum dengan penuh kelicikan. Ia berpikir keras mengenai bagian mana yang akan ia ambil. Tentu saja ia akan mengambil bagian yang ada daunnya sebab sebelum ada buah pastilah daunnya terlebih dahulu yang muncul. Jika ia sudah punya daunnya maka sebentar lagi buahnya akan muncul.

“Kura-Kura, aku tidak butuh setengah bagian dari pohon ini. Aku hanya butuh sebuah daun pisang itu”, jawab Monyet.

“Monyet, kamu yakin?”, tanya Kura-Kura dengan bingung.

“Tentu!” jawab Monyet sambil mencabut sebuah daun pisang dan pergi berlalu.

“Sampai jumpa lagi ya!”, seru Monyet dengan sombong. Ia yakin pastilah pada akhirnya Kura-Kura akan iri dengan buah pisangnya!

Setelah itu Monyet semakin jarang mengunjungi Kura-Kura. Bahkan ia tidak menyapa Kura-Kura jika ia bertemu dengannya. Sikap Monyet menjadi sangat angkuh. Ia bahkan dengan sesumbar menceritakan ke seluruh hutan bahwa sebentar lagi ia akan memiliki buah pisang terenak dan terbanyak.

Lambat laun pohon pisang si Kura-Kura bertumbuh dan mulai mengeluarkan daun baru. Namun daun yang ditanam si Monyet menjadi layu dan hanyut terbawa aliran air. Dan singkat cerita pohon pisang si Kura-Kura bertumbuh dan menghasilkan buah yang banyak.

Tips & Trick : Agar Lebih Fotogenik

Memotret manusia, terutama close-up wajah kadang-kadang hasilnya tak sesuai harapan. Fotografer Peter Hurley punya trik sederhana untuk mengatasinya. Yang penting tau jurus kuncinya.

Menurut Peter, salah satu cara tercepat agar siapapun kliennya tampak lebih keren adalah dengan memperkuat garis dagu mereka. Caranya adalah, buatlah wajah kamu atau orang yang ingin kamu jadikan model, sedikit condong ke arah depan saat disuruh berpose headshot. Jangan biarkan posisi wajah menempel dengan leher, karena akan memperjelas lipatan dagu.

rahasia-foto-potret-3

Lihat contoh-contoh foto di bawah ini. Peter Hurley membuat garis dagu mereka tampak lebih kuat dan jelas profilnya sehingga dari kiri ke kanan masing-masing mereka menjadi tampak lebih cantik/ganteng hanya karena garis dagunya ditata sedemikan rupa.

rahasia-foto-potret-2
rahasia-foto-potret-1

Selain trik simpel di atas, masih ada beberapa tips lainnya, yakni:
1. Jika kepala obyek botak, potretlah dari angle yang rendah (kamera agak mendongak keatas) dan jika kamu menggunakan pencahayaan tambahan, usahakan agar tidak ada sumber cahaya yang memantul di kepalanya

173963_vin-diesel_663_382

2. Jika wajahnya memiliki kerutan yang banyak atau banyak jerawatnya, gunakan sumber cahaya yang arahnya dari depan, bukan dari samping. Cahaya yang datang dari samping akan memperjelas tekstur kerutan ini
3. Jika wajah obyek telinganya gede, aturlah pose mereka supaya hanya satu telinga yang terlihat dan usahakan agar telinga yang terlihat ini tidak tampak menonjol
4. Jika berhidung pesek, potretlah dari depan dan aturlah pose-nya agar muka menatap lurus ke depan.
5. Jika wajah obyek lumayan tembem, aturlah pose-nya agar menatap serong ke kanan atau kiri namun jangan sampai lurus ke samping, serong sedikit saja.

sumber : apakabardunia.com

Fun Fact : Jangan Taruh Laptop Disini!

Agar laptop tahan lama, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya lokasi penggunaan laptop. Berikut ini beberapa tempat yang menjadi pantangan saat memakai laptop.

1. Tempat tidur
Menyimpan laptop di tempat yang lembut seperti tempat tidur, dapat menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop dan menghambat masuknya udara yang berguna untuk menyejukkan suhu laptop.

anak-cw-main-laptop

Supaya awet, gunakan alas khusus laptop, meja, atau setidaknya, buku dengan hardcover untuk melapisi bagian bawah laptop Anda. Intinya, laptop memerlukan permukaan datar untuk menjaga asupan udara dan kestabilan suhu di dalamnya.

2. Di dekat hewan
Menyimpan laptop di dekat hewan saja sudah berbahaya, apalagi membiarkan hewan peliharaan Anda tidur di atasnya. Bulu-bulu hewan yang rontok dapat beterbangan masuk dan menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop. Hasilnya, sistem pendinginan pun terganggu dan dapat menyebabkan overheating.

3. Lantai
Tak peduli sebersih apapun ruangan Anda, menaruh laptop di lantai is a big no-no. Anda tak pernah tahu betapa banyak partikel-partikel mungil serupa debu di lantai yang dapat tersumbat masuk ke dalam lubang ventilasi laptop. Taruh laptop di tempat yang cukup tinggi dari permukaan lantai, seperti meja atau kursi dengan alas laptop mat atau cooling fan.

4. Tempat basah
Jangan coba-coba menggunakan laptop sambil minum, apalagi kemudian menyimpan minuman di samping laptop. Tetesan air dari minuman dapat menimbulkan kerusakan fatal dan konsleting dalam laptop Anda, terlebih jika minumannya tumpah.

5. Toilet

laptoptoilet

Anda terlalu sibuk hingga harus mengerjakan pekerjaan Anda hingga ke toilet? Atau Anda maniak internet dan online game, atau hanya sekedar tak ingin mati bosan saat buang air? Buang air sambil baca majalah memang sudah basi, tapi bukan berarti Anda merelakan laptop kesayangan Anda kecipratan air dan mati gosong, kan?

6. Di dekat asbak
Well, lebih tepatnya, hindari menggunakan laptop sambil merokok. Asap dan abu rokok dapat menyumbat kipas dalam lubang ventilasi laptop. Asap rokok yang dihembuskan ke arah laptop dapat menyebabkan keyboard menguning. Menaruh asbak di samping laptop juga berbahaya, karena abu rokok yang terbawa angin dapat menyumbat ventilasi dan membuat kinerja laptop Anda menjadi menurun.

sumber : apakabardunia.com