Fun Fact : Manfaat Lain Bedak Bayi

Bedak bayi ternyata tak hanya bisa digunakan untuk bayi. Melainkan juga berguna pada beberapa masalah yang kita jumpai sehari-hari. Bisa untuk sepatu, penghalau semut, dan hal lainnya.

Lebih jelasnya, lihat 5 kegunaan bedak bayi di bawah ini:

bedakbayi

1. Hilangkan bau sepatu
Sepatu Anda berbau tak sedap? Tenang, cukup taburkan sedikit bedak bayi dalam sepatu dan biarkan semalaman. Di pagi hari, keluarkan serbuk bedak bayi dengan menggoyang-goyangkan sepatu. Dijamin aroma tak sedap pada sepatu akan sirna.

2. Memberantas semut
Jika ada banyak semut di rumah, bedak bayi juga bisa digunakan. Caranya taburkan bedak bayi di tempat-tempat yang dikerubuti semut. Semut biasanya menghindari bedak bayi karena tekstur dan baunya. Ini juga bisa dilakukan pada saat piknik di taman.

3. Keringat di seprai
Beberapa orang memiliki kebiasaan berkeringat saat tidur. Ini membuat seprai dan bantal tidak nyaman. Untuk mengatasinya, cukup taburkan sedikit bedak bayi di seprai Anda. Bedak bayi akan menyerap keringat dan membantu Anda tidur nyaman kembali.

4.Hewan peliharaan berbau wangi
Jika Anda tak punya waktu memandikan atau kehabisan bedak khusus hewan peliharaan, gunakan saja bedak bayi. Caranya, taburkan bedak bayi pada kain kemudian usapkan pada hewan peliharaan. Selain menghilangkan bau, bedak bayi juga aman digunakan pada bulu hewan.

5. Sarung tangan mencuci
Sarung tangan cuci yang terbuat dari karet seringkali menempel dan susah dilepaskan. Agar sarung tangan tidak menempel, taburkan sedikit bedak bayi di dalamnya. Ini akan membuat Anda mudah memakai dan melepaskannya kembali.

sumber : apakabardunia.com

Think Before You Speak!

Di sebuah kota kecil, seorang wanita menyebarkan gosip kepada tetangga dan setiap orang yang dijumpainya, bahwa perempuan muda di sebelah rumahnya suka mengganggu suami orang dan bila si lelaki sudah masuk jebakan, habislah semua uang dikurasnya.

gossip

Layaknya kabar burung, berita ini cepat menyebar ke penjuru kota. Guna menjaga ketertiban, pejabat sosial dibantu polisi menangkap sang perempuan muda. Setelah melalui pengadilan yang memakan waktu, akhirnya hakim memutuskan tuduhan tersebut tak terbukti. Perempuan muda ini dibebaskan.

Merasa nama baiknya tercemar, perempuan muda ini menuntut balik wanita tua karena menyebarkan berita bohong. Saat melakukan pembelaan, si wanita tua berdalih, “Itu kan hanya omongan. Nggak ada yang disakiti secara fisik, kan?”

Pak hakim pun menjawab, “Baiklah. Sekarang ambil kertas seratus lembar, lalu tulis apa yang dulu kamu katakan. Nanti setelah selesai, kamu pulang dan sebarkan di alun-alun kota. Besok temui saya lagi di sini.”

Perempuan muda menjadi marah dengan vonis hakim yang terlalu ringan. Namun hakim menyuruhnya diam. Si wanita tua jadi tertawa karena merasa menang.

“Kalau begitu saja, dengan senang hati saya menerima hukuman,” ucap wanita tua sambil bergegas meminta kertas dan menuliskannya. Dalam waktu satu jam, tugasnya selesai. Ia melangkah keluar ruang pengadilan menuju alun-alun, melemparkan tumpukan kertas ke udara.

Keesokan harinya, ia kembali menghadap hakim melaporkan tugasnya sudah selesai.

“Oh belum selesai,” sahut pak hakim. “Sekarang kamu keluar dan punguti lagi semua tulisan kamu di kertas yang tersebar kemarin.”

“Apa? Perintah yang nggak masuk akal. Mana mungkin saya mendapatkan seratus lembar kertas itu, pasti sudah terbawa angin dan tak tahu lagi di mana semuanya sekarang.” Wanita tua itu meradang.

“Bukankah kemarin kamu bilang hanya omongan saat dulu kamu menyebar fitnah tentang perempuan muda ini? Begitulah, apa yang keluar dari mulut juga bisa tersebar ke berbagai tempat tanpa kamu sadari dampaknya. Mungkin, omongan buruk memang tak melukai secara fisik, tapi akibatnya bisa berbahaya.”

“Karena itu kuasai mulut kamu, dan bukan mulut yang menguasai kamu. Berpikirlah sebelum bicara.”

sumber : apakabardunia.com

Ladies First

Source : Mitos, misteri, dan urban legend dunia (FB)

Asal Mula Istilah Ladies First

Istilah Ladies First berawal dari sebuah kisah yang datang dari Italia pada abad 8 Masehi.
Seorang pemuda kaya, keturunan bangsawan Italia, mencintai perempuan miskin yang seperti cerita umumnya tak kan direstui orang tua si pemuda.
Mereka pun berniat untuk menikah. Segala rintangan pun dijejali sang pria akan tetapi tak pelak lagi harapan mereka kandas. Tak mungkin orang tua dapat ditentang. Akhirnya pun mereka sepakat untuk bunuh diri bersama. Caranya adalah terjun dari sebuah batu besar, yang di bawahnya menganga lautan yang siap menelan.
Mereka pun berdiri di sana. Berikrar setia. Diakhiri dengan loncatan sang pemuda dari batu tersebut dan tentu saja langsung hilang terbawa gelombang dan dapat dipastikan, mati. Ketika melihat pemandangan tragis ini, sang perempuan pun mengurungkan niat bunuh diri. Mengkhianati slogan sehidup semati bersama dan kemudian pulang ke desanya dan menikah dengan laki-laki yang semartabat dengannya (kelas rendah).
Kejadian ini pun yang memberi ilham kepada penduduk desa untuk tidak lagi mempercayai perempuan dan mengedepankan mereka dalam segala urusan. Takut kejadian ini akan terulang kepada mereka.
Dari kisah ini kemudian menyebar istilah Ladies First yang telah kita ketahui.
Dan juga sekedar tambahan, bahkan ketika ada peperangan, tentara Barat yang laki-laki selalu mengedepankan perempuan untuk melangkah. Kenapa? Karena kalau ada jebakan atau bom yang terinjak, bukan mereka yang langsung terkena, akan tetapi perempuan tadi. Karena bagi mereka perempuan tak ada harganya.

The Intruder

Source: Mitos, misteri, dan urban legend dunia (FB)

The Intruder (Penyusup)

Aku terbangun dengan kaget. Di mana aku? Tampaknya aku diikat di tempat tidur. Aku tahu tempat ini.
Pintu berderit terbuka. Aku melihatnya. Aku tahu wajahnya dan namanya. Matanya tampak bersinar merah redup dalam cahaya lilin. Dia mendekat.
“Bodoh!” kata makhluk itu sambil menuangkan lilin pada tubuhku. Aku menjerit kesakitan. Air mata mengalir di wajahku.
“Tolong biarkan aku pergi!” Aku memohon. “Aku tidak akan melakukannya lagi!”
Dia tersenyum nakal sambil mengeluarkan pisau dapur yang baru saja diambil. Anak manusia yang berusia sepuluh tahun itu kemudian membungkuk dan berbisik saat ia mulai melepas satu lagi cakarku, “Jangan bersembunyi di lemari dan tempat tidur monster harus tahu siapa monster yang nyata”.

Fifteen Cute Picture

When Is My Birthday?

Halo semuanya…
Mungkin ada beberapa diantara kalian yang penasaran dengan ulang tahun gua (atau gak ada yang penasaran?). Sebenarnya sih udah lama gua pengen berbagi mengenai hal ini tapi karena beberapa hal seperti pass blog gua itu tanggal lahir gua dan hal-hal lainnya maka gua gak memberitahukannya. Tapi hari ini beda! Setelah gua pikir panjang lebar, maka gua memutuskan untuk memberitahu kapan ulang tahun gua.

Ulang tahun gua jatuh pada tanggal 16 Februari 1994. Hehehe tapi jangan langsung kalian nyoba tanggal lahir ini di kolom password ya karena ini bukan tanggal ulang tahun asli gua (apa sih nih orang maksudnya!). Gua rasa gua perlu membuat satu hari ulang tahun yang fake tapi di tanggal itu pula gua bisa nge-share tentang kegembiraan gua di hari ulang tahun. Yah istilahnya sebuah tanggal dimana gua bisa merayakan ulang tahun dengan temen-temen gua di dunia maya sebab agak ngeri juga kalo kasih tau tanggal lahir asli di dunia maya.

Sebenernya sih tanggal favorit gua itu 21 November 1994. Awalnya gua berencana untuk menetapkan tanggal itu sebagai hari ulang tahun di dunia maya, tapi setelah gua pikir-pikir lagi rasanya kok kurang istimewa ya terus tanggal favorit gua itu udah banyak yang tau jadi kesannya mudah ketebak dan gak surprise lagi. Untuk itulah gua pilih tanggal 16 Februari 1994!

Tanggal 16 yang gua dapet dari perkalian 4×4 dan angka 4 sendiri dari perkalian 2×2 jadi ya menurut gua spesial aja ^^
Lalu bulan Februari yang penuh cinta (valentine day, you know lah…)
Dan tahun 1994 yang dimana menurut gua perpaduan 16-2 (Februari) harus dilengkapi dengan tahun yang mengandung angka 4 (masih tentang perkalian itu).

Hehehe mungkin setelah mengetahui alasan kenapa gua pilih tanggal itu ada juga diantara kalian yang berpikir, “Buset nih orang freak banget!”. Tapi ya itulah gua ^^ I’m happy being myself!
Gua rasa cukup dulu untuk postingan kali ini. See you next time~!

Bersyukur

Pernah gak kalian ngerasain ini?

Seorang anak baru saja kehilangan uang 10 ribu miliknya. Ia begitu sedih hingga menangis dengan keras. Seorang kakek yang berjalan melihat seorang anak yang sedang terduduk di pinggir jalan sambil menangis. Ia mendekati anak itu dan bertanya, “Mengapa kamu menangis?”. Anak itu menjawab, “Saya baru saja kehilangan uang 10 ribu saya”. Hati kakek itu pun terenyuh. Ia mengambil selembar uang pecahan 10 ribu miliknya dan memberikannya kepada anak itu. Namun tak lama kemudian anak itu kembali menangis. Kakek itu menjadi kebingungan dan kembali bertanya mengenai penyebab anak itu menangis kembali. Anak itu berkata, “Jika uang saya tidak hilang pasti saya sekarang sudah memiliki uang sebanyak 20 ribu”. Kakek itu kemudian menggelengkan kepalanya, mengambil kem dan pergi.

Ayah dari anak itu pun pulang pada sore hari menjelang malam. Ia terkejut melihat putranya menangis di ruang tamu. Ia melepas sepatunya dan melonggarkan dasinya dan bertanya, “Mengapa kamu menangis?”. Anak itu menjawab, “Uang 20 ribu saya hilang”. Ayahnya mengambil dompet dari saku belakang celananya dan mengambil selembar uang pecahan 20 ribu dan memberikannya kepada anaknya. Namun anak itu menangis dengan lebih keras lagi. Sang ayah pun kebingungan. Ia kembali bertanya penyebab anaknya menangis. Anak itu berkata, “Kalau uang saya tidak hilang sekarang pasti uang saya sekarang sudah 40 ribu”.

Itulah manusia. Kita tidak pernah puas dengan apa yang kita miliki, tetapi kita seharusnya dapat bersyukur dengan segala apa yang kita miliki karena jika kita tidak bersyukur maka apa yang kita miliki dapat diambil Tuhan seperti perumpamaan diatas.

Quiz EDA101

1. Perbedaan perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang
Perusahaan manufaktur : menjual barang yang diperoleh dengan cara mengolah bahan baku terlebih dahulu, mempunyai tujuannya menghasilkan barang jadi yang bernilai jual, memiliki persediaan bahan olahan atau bahan baku, dalam menentukkan harga pokok harus melalui beberapa tahapan, membuat laporan harga pokok produksi.
Perusahaan dagang : menjual barang yang diperoleh dari pemasok, tujuannya menjual kembali barang tanpa mengubah bentuk, memiliki persediaan barang jadi, dalam menetukkan harga pokok barang relatif mudah, tidak menggunakan laporan harga pokok produksi.

2. Pengertian FOB Shipping Point
FOB Shipping Point : beban angkut barang sejak dari gudang penjualan sampai dengan gudang pembelian menjadi tanggungjawab pembeli.

3. Jurnal-jurnal yang digunakan perusahaan manufaktur
a. Jurnal pembelian bahan baku dan bahan penolong
PERSEDIAAN BAHAN BAKU (D)
PERSEDIAAN BAHAN PENOLONG (D)
KAS/HUTANG DAGANG (K)

b. Jurnal pemakaian bahan baku
PERSEDIAAN BARANG DALAM PROSES (D)
PERSEDIAAN BAHAN PENOLONG (K)

c. Jurnal pembayaran gaji
BIAYA GAJI (D)
KAS (K)

d. Jurnal mencatat harga pokok penjualan
HARGA POKOK PENJUALAN (D)
PERSEDIAAN PRODUK SELESAI (K)

e. Jurnal pemakaian bahan penolong
BIAYA OVERHEAD PABRIK (D)
PERSEDIAAN BAHAN PENOLONG (K)

f. Jurnal distribusi biaya gaji dan upah langsung
PERSEDIAAN BARANG DALAM PROSES (D)
BIAYA GAJI DAN UPAH (K)

g. Jurnal distribusi biaya gaji tidak langsung
BIAYA OVERHEAD PABRIK (D)
KAS (K)

h. Jurnal pembebanan biaya overhead pabrik (penyusutan)
BIAYA OVERHEAD PABRIK (D)
AKUMULASI PENYUSUTAN (K)

i. Jurnal pembebanan biaya overhead pabrik ke dalam biaya produksi
PERSEDIAAN BARANG DALAM PROSES (D)
BIAYA OVERHEAD PABRIK (K)

j. Jurnal pemindahan harga pokok produk selesai
PERSEDIAAN PRODUK SELESAI (D)
PERSEDIAAN BARANG DALAM PROSES (K)

k. Jurnal penjualan atau penyerahan produk ke pesanan
KAS/PIUTANG DAGANG (D)
PENJUALAN (K)

l. Pembayaran biaya pemasaran dan biaya administrasi
BIAYA IKLAN (D)
BIAYA ADMINISTRASI UMUM (D)
KAS (K)

4. Komponen biaya produksi, harga pokok produksi, dan harga pokok penjualan dalam perusahaan manufaktur
Biaya produksi : persediaan bahan baku awal periode, pembelian bahan baku, persediaan bahan baku untuk diolah, persedaan akhir bahan baku, pemakaian bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik (biaya bahan baku tidak langsung, biaya tenaga kerja tidak langsung, dan biaya tidak langsung lainnya).
Harga pokok produksi : persediaan awal barang dalam proses, biaya produksi, persediaan akhir barang dalam proses.
Harga pokok penjualan : persediaan awal barang jadi, harga pokok produksi, persediaan produk jadi siap jual, persediaan akhir barang jadi.

5. Pengertian sistem informasi akuntansi
Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan prosedur dalam perusahaan untuk menjalankan tugas di perusahaan tersebut yang dimana tugas tersebut berupa transaksi bisnis yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan.

6. Manfaat dari pengedalian internal
Pengendalian internal adalah mengontrol atau mengawasi agar aktivitas bisnis di dalam perusahaan berjalan sesuai dengan prosedur yang ada
Manfaat pengedalian internal :
a. Menjaga aset perusahaan agar aset tersebut hanya digunakan untuk keperluan perusahaan.
b. Untuk akurasi informasi bisnis.
c. Agar semua aktivitas berjalan sesuai dengan prosedur ataur peraturan yang ada.

7. Langkah-langkah agar pengendalian internal atas kas dan bank dapat tercapai
a. Pengendalian internal untuk penerimaan kas:
* Semua penerimaan kas harus segera dicatat.
* Hendaknya semua penerimaan kas pada hari itu juga disetor ke bank.
* Adanya pemisahan fungsi antara petugas yang menangani penerimaan kas dilakukan dengan mesin cash register.
b. Pengendalian internal untuk pengeluaran kas:
* Semua pengeluaran kas harus dilakukan dengan menggunakan cek.
* Cek harus ditanda tangani minimal oleh 2 orang pejabat.
* Cek yang batal digunakan atau salah tulis harus diarsir dengan rapi.
* Hendaknya diberikan cap lunas untuk bukti dan cek yang sudah dikeluarkan.

8. Maksud dan manfaat dari rekonsiliasi bank
Rekonsiliasi bank adalah penyocokkan saldo kas antara perusahaan dan bank pada setiap akhir periode yang bertujuan untuk mencari saldo yang benar.
Manfaat dari rekonsiliasi bank adalah agar terjadi kesamaan saldo akhir kas antara perusahaan dan bank, mengamankan kekayaan perusahaan, dan mendeteksi kemungkinan adanya penyalahgunaan uang di bank.

EDA101

1. Pengertian kas kecil dan alasan perusahaan menggunakan kas kecil
Kas kecil merupakan uang yang dicadangkan atau disisihkan oleh perusahaan untuk membayar pengeluaran yang sifatnya rutin tapi jumlah rupiahnya relatif kecil yang tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.
Alasan perusahaan menggunakan kas kecil adalah karena dalam membiayai pengeluaran rutin atau yang sifatnya berjumlah tidak besar akan tidak sangat efektif apabila harus menggunakan cek sebab harus menunggu pencairan cek (sebab sekarang kas disimpan di bank), tetapi jika menggunakan kas kecil maka pengeluaran dapat segera diberikan dana tanpa menunggu pencairan cek.

2. Termin (2/10, n/30; EOM; dsb)
2/10, n/30 = pembeli akan mendapatkan potongan sebesar 2% apabila melunasi transaksi pembelian 10 hari setelah tanggal transaksi dan hutang pembelian paling lambat dilunasi 30 hari setelah tanggal transaksi.
EOM = pembeli harus melunasi hutangnya pada akhir bulan dari bulan yang tercantum pada bukti transaksi.
n/30 = pembeli harus melunasi hutangnya 30 hari setelah tanggal transaksi.
2/15 EOM = pembeli akan mendapatkan potongan sebesar 2% apabila melunasi hutangnya 15 hari setelah tanggal transaksi dan hutang pembelian paling lambat dilunasi pada akhir bulan dari bulan pada saat transaksi terjadi atau pada bulan yang tercantum pada bukti transaksi.

3. Peran akuntansi keuangan dan biaya
Akuntansi keuangan : menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan pihak luar manajemen yakni investor, kreditur, pemegang saham, dan pihak luar lainnya.
Akuntansi biaya : menghitung biaya produksi untuk menentukan harga pokok produksi dan menyusun laporan biaya guna memenuhi keperluan manajemen.

4. Pengertian retur penjualan, potongan penjualan, retur pembelian, dan potongan pembelian
Retur penjualan : menerima kembali sebagian barang yang telah dijual dari pembeli karena rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.
Potongan penjualan : potongan yang diberikan oleh penjual karena menerima pelunasan piutang dalam masa potongan.
Retur pembelian : pengembalian sebagian barang yang telah dibeli kepada penjual karena rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.
Potongan pembelian : potongan yang diterima oleh pembeli karena melunasi utang dalam masa potongan.

5. Kasus : Saldo kas yang dicatat perusahaan dan yang berasa di rekening koran berbeda. Catatan mana yang sebaiknya dipakai?
Catatan perusahaan dan catatan rekening koran dilihat dan ditelusuri letak penyebab berbedanya saldo kas lalu diperbaiki.

6. Komponen biaya produksi
Biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik (biaya bahan tidak langsung, biaya tenaga kerja tidak langsung, biaya tidak langsung lainnya),persediaan bahan baku awal periode, pembelian bahan baku, persediaan akhir bahan baku