Fun Fact : Food and Flag!

Hai hai!!!
Untuk postingan kali ini gua akan memposting tentang gambar bendera negara yang terbuat dari makanan. Eits! Tapi makanannya bukan makanan sembarangan loh! Makanan yang sesuai dengan ciri khas negara masing-masing ^^
Check this out!

INDIA

india

Nasi, kari, dan sayuran membentuk menjadi bendera India, sungguh cocok dengan negara tersebut yang banyak memiliki makanan berempah dan berkari.

BRAZIL

brazil

Beralas daun pisang, diatasnya ada lemon, potongan nanas dan buah markisa.

ITALIA

italia

Terbuat dari basil, spageti, dan tomat. Sangat khas dengan masakan negara tersebut.

AUSTRALIA

australia

Bendera Australia ini terbuat dari pai daging.

CHINA

china

Bendera China terbuat dari daging buah naga dan diatasnya terdapat potongan belimbing.

INGGRIS

inggris

Bendera Inggris terbuat dari biskuit dengan selai diatasnya.

YUNANI

yunani

Bendera Yunani terbuat dari biji zaitun dan keju Feeta.

PRANCIS

prancis

Bendera Prancis terbuat dari keju biru, brie, dan anggur merah.

THAILAND

thailand

Bendera Thailand terbuat dari saus cabe, parutan kelapa, dan kepiting.

INDONESIA

indonesia

Bendera Indonesia nampak simple namun sangat “menggigit”, terbuat dari nasi dan sambal.

JEPANG

jepang

Terbuat dari potongan Sashimi.

KOREA SELATAN

korsel

Terbuat dari kimbab yang mengelilingi saos “Yin Yang”

VIETNAM

vietnam

Bendera Vietnam terbuat dari buah leci, Rambutan, dan Belimbing.

TURKI

turki

Turki terbuat dari Lokum atau sejenis permen kenyal khas Turki.

SWISS

swiss

Bendera Swiss terbuat dari daging Charcuterie dan Emmental atau biasa disebut keju Swiss.

LEBANON

lebanon

Terbuat dari Lavash dan fattoush.

AMERIKA SERIKAT

as

Bendera Amerika terbuat dari tumpukan hotdog dan sebagai bintangnya adalah mustard kuning.

Jadi gimana? Tertarik buat bikin bendera negara lain dengan makanan?
Good luck ya ;)

sumber : apakabardunia.com

RECIPE TIME!!! PUDING SUSU JELI

PUDING SUSU JELI

PUDING

Bahan-bahan :

Bahan Puding:
1.500 ml susu cair
300 gram gula pasir
1 1/2 bungkus agar-agar bubuk warna putih
2 sendok teh jeli bubuk
1/4 sendok teh garam
2 kuning telur
1 sendok teh pasta vanila
100 gram bubble besar

Bahan Jeli:
1.000 ml air
150 gram gula pasir
2 sendok teh jeli bubuk
1 sendok makan agar-agar bubuk warna putih
100 gram bubble kecil

Cara membuat:
1. Puding, rebus susu, gula, agar-agar, jeli, dan garam sampai mendidih. Matikan api.
2. Ambil sedikit rebusan puding. Tuang ke kuning telur yang dikocok lepas. Aduk rata.
3. Masukkan lagi ke rebusan puding. Masak sampai mendidih. Tambahkan pasta vanila. Aduk rata. Tambahkan bubble besar. 4. Aduk rata. Tuang di loyang diameter 22 cm tinggi 7 cm. Diamkan hingga setengah membeku.
5. Jeli, rebus air, gula, jeli, dan agar-agar sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan bubble kecil. Tuang di atas puding susu. Bekukan seluruhnya.

Untuk 16 potong

sumber : sajiansedap.com

RECIPE TIME!!! ORANGE CREME BRULEE

ORANGE CREME BRULEE

Creme-brulee

Bahan-bahan:
5 kuning telur
30 gram gula pasir
300 ml krim kental
3 sendok makan sirop jeruk konsentrat (misal, sunquick)
8 buah jeruk mandarin kaleng, tiriskan untuk hiasan

Bahan Taburan:
2 sendok teh gula pasir

Cara membuat:
1. Kocok kuning telur dan gula sampai gula larut.
2. Campur krim kental dan sirop jeruk. Aduk rata. Tuang ke dalam kocokan telur. Aduk rata.
3. Tuang ke dalam pinggan tahan panas sambil disaring. Letakkan dalam loyang diberi sedikit air.
4. Oven dengan api bawah suhu 140 derajat Celcius 60 menit sampai matang.
5. Tabur gula pasir. Semprotkan api dengan blow torch sampai kecokelatan. Hias dengan jeruk mandarin kaleng.

Untuk 4 porsi

sumber : sajiansedap.com

Fun Fact : 8 Food That You Musn’t Eat

Setelah sekian lama gak posting tentang fun fact sekarang ada fakta menarik nih (menurut gua sih) buat orang-orang yang doyan ngemil sebelum tidur entah sambil main hape, nonton tv, atau apalah ya.

8 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur:

1. Pasta
Pasta adalah makanan yang paling berlemak. Memang pasta sepertinya solusi praktis saat lapar datang, apalagi kini banyak resep pasta instan yang hanya butuh 30 menit untuk menyiapkannya. Tapi Anda harus ingat, pasta sangat kaya akan karbohidrat, yang akan berubah menjadi lemak begitu Anda tidur. Belum lagi kalau menyebut topping-nya yang biasanya berupa keju dan minyak.

2. Pizza
Makan pizza memang lezat, apalagi sambil nonton tv di akhir pekan melihat acara olah raga. Tapi ingat, sistem pencernaan kita akan bekerja keras untuk memprosesnya di siang hari. Bayangkan bagaimana sulitnya pencernaan memprosesnya di malam hari, saat seharusnya organ pencernaan beristirahat. Pizza sangat berminyak dan mengandung bahan baku yang tingkat keasamannya tinggi, sehingga bisa menimbulkan heartburn.

3. Permen
Tahukah Anda kalau Anda juga memimpikan apa yang dikonsumsi? Fakta mengatakan bahwa makanan berlemak dan produk-produk mengandung gula, khususnya permen, berpengaruh terhadap gelombang otak manusia dan dapat memicu mimpi buruk. Kalau menginginkan tidur yang pulas, pilihlah oatmeal, yang lebih ringan dan rendah kalori.

4. Daging merah
Daging merah memang sumber baik untuk protein dan zat besi, namun sangat mampu membuat tidur Anda terganggu, tidak nyenyak. Alhasil Anda akan bangun dengan perasaan tidak segar. Itulah sebabnya acara makan malam sering dilakukan 3 atau 4 jam sebelum tidur agar ada waktu untuk mencerna.


5. Cokelat

Cokelat hitam memang sangat baik untuk otak dan memori Anda, namun pada saat bersamaan buruk untuk lingkar pinggang, apalagi Anda menikmatinya di malam hari, saat semua kalori akan disimpan sebagai lemak. Sepotong kecil cokelat memang dessert yang baik, masalahnya orang cenderung akan menghabiskan satu batang cokelat dibanding hanya makan sepotong kecil.

Salah satu alasan jangan makan cokelat sebelum tidur, terutama cokelat hitam, adalah karena kandungan kafeinnya sangat tinggi. Ini akan membuat jantung Anda terus bekerja dan pikiran Anda terjaga. Dengan keadaan seperti ini, mana mungkin Anda bisa rileks.


6. Alkohol dalam bentuk apa pun

Alkohol benar-benar sleep killer; menyebabkan badan terus berkeringat, terbangun berkali-kali sepanjang malam. Alkohol tak hanya merusak kualitas tidur, tapi juga mengurangi jam tidur. Jangan lupa, alkohol juga tinggi kalori.


7. Burger keju

Ini buat Anda yang gemar keluar malam sekadar menikmati burger di gerai junk food, setelah itu pulang dan tidur. Sebaiknya hindari makan burger keju sebelum tidur, karena ini akan menstimulasi produksi asam secara alamiah di perut, dan menyebabkan heartburn.

8.Keripik dan cemilan
Sebenarnya cemilan yang adalah makanan yang diproses sebaiknya kita hindari, tak hanya sebelum berangkat tidur. Makanan yang diproses sangat banyak mengandung MSG (monosodium glutamate) yang diketahui menyebabkan berbagai gangguan tidur. Jadi, kalau nonton acara olah raga sebelum tidur lebih baik pilih cemilan yang lebih sehat.

ngemil malam

So buat para kalong alias yang suka bergadang sambil nyemal-nyemil ada hal yang perlu diperhatikan nih. Jaga kesehatan ya ;) !

Sumber : apakabardunia.com

Tips & Trik : Memasak makanan dari luar negeri ^^

Konichiwa minna-san!

Ya untuk tips kali ini tentang memasak makanan dari luar negeri atau yang sering disebut memasak resep makanan luar negeri. Nah kadang gua secara pribadi suka ngiler ngeliat makanan dari luar negeri! Apalagi kalo berasal dari negara yang gua idolakan! Rasanya pengen banget bisa masak dan pamer ke depan temen-temen gua (ya kalo gak bisa masak seenggaknya makan tiap hari lah).

Ketika gua memasang tekad untuk memasak makanan luar negeri gua menemukan banyak halangan dan rintangan! Dari bahan yang gak ada, cara memasak yang gua gak ngerti hingga gua yang emang gak tau masak (tau sih tapi gak jago banget lah). Setelah gua mulai bertanya kepada beberapa orang yang ahli masak, dari emak gua, tukang batagor yang suka lewat sampe nenek gua (itung-itung silahturahmi ^^) maka gua gak dapet apa-apa! Yah emang sih orang-orang yang gua tanyain emang gak pernah masak masakan luar negeri jadi mereka gak tau tapi gua gak kehilangan akal. Gua coba mencari jalan keluar sendiri dengan mengevaluasi cara kerja gua dan ternyata itu membuahkan hasil! So berikut tips dari gua ^^

1). Pelajari dulu istilah dasar dalam memasak
Nah hal ini penting banget! Jangan kan pake bahasa impor, kalo kita gak tau istilah dasar memasak ya gak bakal bisa. Iya kan???

2). Pelajari kebudayaan asal masakan
Sebenarnya ini gak terlalu penting sih apalagi kalo kasusnya kayak gua yang emang pengen masak masakan dari negeri yang gua suka tapi menurut gua hal ini bisa membantu! Kalo kalian sedikit tau lah tentang kira-kira di negara itu penduduknya suka makanan tipe apa (manis, asam, pedas, dsb) maka kalian bisa menakar dengan baik. Versi upgrade-nya adalah kalian bisa bikin masakan itu sesuai dengan selera Indonesia. Ajib!

3). Pilih bahan yang baik dan benar
Wah yang ini udah kayak perintah dalam soal pilihan ganda ya! Nah untuk tips yang ini memerlukan perhatian besar! Pasalnya yang ingin kita masak adalah masakan dari luar negeri so coba cari bahan yang emang ada di resepnya. Contoh : tahu jepang malah diganti tahu sumedang (gak nyambung!). Karena bahan baku itu sangat berpengaruh dalam cita rasa masakan loh!

4) Minta bantuan sambil memikirkan keadaan ekonomi
Nah karena gua anak ekonomi nih so gua pengen kasih kalian tips biar hemat lah dalam memasak. Kalo kita udah dapet bahan yang bener, tau istilah dasar, mempelajari kebudayaan, dan sekarang pengen manggil tukang kursus masak kan pemborosan banget! Beli bahan impor kan MAHAL. Mempelajari kebudayaan kalo pake beli buku kan MAHAL. Apalagi kalian pengen panggil kursus masak?!! Kalian cukup nonton dari Youtube! Chatting temen dari negara asal makanan itu! Kalo gitu kan enak, enak makannya enak juga kantong kita ^^. Muahehehehehe…

Hopefully tips dan trik kali ini membantu ya ;)
Ja mata ne~!
Arigatou Gozaimasu!

#bow

RECIPE TIME!!! Udang Goreng Tepung Jepang~

UDANG GORENG TEPUNG JEPANG

Udang Goreng Tepung

Bahan :
1). 300 gram Udang besar, kupas, sisakan ekornya
2). 100 gram Breadcrumbs (Tepung Panir)
3). 1 sdm Maizena
4). 50 gram Bubuk agar-agar

Bumbu :
1). 20 gram Bubuk kaldu ayam
2). 3 gram Garam
3). Lada secukupnya

Cara Pembuatan :
1. Udang yang sudah dikupas belah bagian punggungnya. Cuci bersih dan dilap sampai kering.
2. Masukkan bumbu, telur, maizena, dan bubuk agar-agar jadi satu. A duk sampai sedikit kental. Masukkan udang, aduk pelan-pelan sampai rata, lalu masukkan satu per satu dengan tepung Breadcrumbs. Sampai terbungkus semua.
Goreng dengan minyak cukup panas, aduk pelan-pelan sampai udang cukup kering dan angkat.
3. Siap disajikan untuk 2 orang.

sumber : http://hobimasak.info/resep-udang-goreng-tepung-jepang/