Tips & Trik : Tusuk Feston

Pernah gak kalian waktu sekolah dulu disuruh bikin kerajinan dari kain flanel. Nah kalo kita bicarain kain flanel nih maka pasti langsung terbayang-bayang nih tusuk feston (kalo gua sih gitu). Kenapa langsung tusuk feston nih yang kebayang? Soalnya ini emang termasuk tusukan dasar dalam menjahit kain flanel.

Postingan ini gua buat berkaitan dengan tugas keterampilan adik (laki-laki) gua. Ternyata adik gua ini disuruh bikin boneka dengan tusuk feston. Sebenernya waktu SMP dulu gua jago banget tuh tapi karena faktor waktu maka gua udah lupa hehehe. Hal ini juga terjadi dengan nyokap gua. Malahan dia bilang,”Emang ada ya tusuk kayak begitu?”. Yah apapun itu gua memutuskan untuk cari di internet dan ternyata itu gak sia-sia.

Makanya sekarang gua pengen membagikan tips nih tentang tusuk feston dengan 3 langkah. Ya meskipun postingan ini bukan ori dari gua tapi gak ada salahnya kan kalo gua posting demi membantu sesama. Kali aja kalian juga butuh, ya gak?

BELAJAR TUSUK FESTON

1. Tusukkan Jarum pada kain

Untitled

Sebelumnya kalian harus menyiapkan benang dan jarum ya. Buat simpul diujung benang supaya terikat dan hasil jahitan tidak lepas dan rapi.

Untitled

Selanjutnya tusukkan jarum pada kain flanel seperti pada gambar disamping. Jika anda baru mulai dari awal, tusukkan jarum dari bawah ke atas, sehingga posisi simpul benang berada dibagian bawah kain flanel. Lalu lanjutkan ke langkah 2.

2. Tarik Jarum dan benang

Untitled

Tariklah jarum yang ditusukkan tadi dan benangpun mengikutinya. Perhatikan: hal yang paling penting pada langkah kedua ini adalah posisi dari Jarum diatas benang. Lihat posisi jarum dan benang dibagian kiri atas! Disinilah kunci dari Tusuk Feston. Jika posisinya salah maka hasilnya akan berbeda.

3. Perhatikan tumpukan benang

Untitled

Setelah benang ditarik, perhatikan hasil akhirnya, terutama posisi tumpukan benang. Jika sudah sesuai dengan gambar disamping maka tinggal dikencangkan saja. Beres icon smile Belajar Cara Membuat Tusuk Feston Yuk! 3 tahap membuat tusuk feston sudah selesai. Lakukan ulangi ketiga langkah diatas hingga semua bagian sisi dijahit hingga selesai.

Nah gimana? Ternyata gak susah-susah banget kan bikin tusuk feston. Kalo kalian udah bisa menguasainya maka hal selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah bikin boneka. Akan lebih bagus lagi kalo kalian jualin ^^ hehehehe…
Kan lumayan dapet untung.

sumber : kreasikerajinankainflanel.com